Blog Yang Membahas Tentang Hukum Islam, Ilmu Pengetahuan, Pendidikan Agama dan Akhlak Perilaku Manusia

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 03 April 2020

Doa Ketika Menghadapi Wabah


Tha’un adalah luka bernanah yang muncul pada siku, ketiak, tangan, jari, atau sekujur badan. Luka yang muncul disertai dengan memar, rasa pedih dan nyeri. Luka ini muncul bersama dengan rasa panas. Sekitar luka kulit menghitam, memerah, menghijau, dan memerah agak ungu. Gejala lainnya adalah peningkatan detak jantung dan muntah-muntah. (An-Nawawi, 2001 M/1422 H: VII/466). 

Adapun “waba’” mengandung pengertian lebih umum dan luas. 
Waba’ adalah penyakit tha’un itu sendiri, jenis penyakit lain, atau segala jenis penyakit umum sebagaimana menurut Al-Khalil. 

Tetapi yang shahih menurut kebanyakan ulama, waba’ adalah penyakit yang menimpa banyak orang di suatu daerah tertentu, yaitu wabah atau epidemi. 

Jenis penyakitnya dapat berbeda dari jenis penyakit kebanyakan. Jenis penyakit waba’ dapat berbeda-beda. Jenis penyakitnya boleh jadi adalah jenis penyakit yang belum pernah terjadi sebelumnya atau sesudahnya. (An-Nawawi, 2001 M/1422 H: VII/466) dan (Ibnu Hajar Al-Asqalani, Badzlul Ma‘un fi Fadhlit Tha‘un, [Riyadh, Darul Ashimah: tanpa tahun], halaman 107)

. وقالوا كل طاعون وباء وليس كل وباء طاعونا والوباء الذي وقع بالشام في زمن عمر كان طاعونا وهو طاعون عمواس وهي قرية معروفة بالشام 

Artinya, “Ulama (yang membedakan kedua kata itu) mengatakan, setiap tha’un adalah waba’. Tetapi tidak setiap waba’ adalah tha’un. Hanya saja waba’ yang menimpa negeri Syam di zaman Sayyidina Umar adalah tha’un, yaitu tha’un Amawas, desa terkenal di Syam,” (An-Nawawi, 2001 M/1422 H: VII/466).


DOA KETIKA ADA WABAH

 اللّٰهُمَّ إِنَّي أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ والْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّءِالْأَسْقَامِ (رواه أبو داود والنسائي)

Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari penyakit belang, gila,kusta dan penyakit yang buruk (mengerikan)(HR Abu Dawud dan An Nassai)

اللّٰهُمَّ جَنِّبْنِيْ مُنْكَراتِ الْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ وَالْأَهْوَاءِوَالْأَدْوَاءِ (رواه الترمذي)

Ya Allah jauhkanlah aku dari kemungkaran akhlaq,amal,hawa nafsu dan penyakit penyakit (HR at Tirmidzi)

اللّٰهُمَّ إنِّي أعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَإِوَدَرَكِ الْأَشْقَاءِوَسُوْءِ الْقَضَاءِوَشَمَاتَةِالْأَعْدَاءِ(رواه البخاري ٦/٧٥, مسلم:٢٧٠٧)

Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari, beratnya musibah yang tak mampu ditanggung,dari sebab sebab datangnya kebinasaan,dari takdir yang buruk,dan gembiranya musuh dengan apa yang menimpa  menimpa (HR Bukhari 6/75, Muslim:2707)

Penulis : Ustadz Muh Sundarto
Editor   : J.Priyono