Blog Yang Membahas Tentang Hukum Islam, Ilmu Pengetahuan, Pendidikan Agama dan Akhlak Perilaku Manusia

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 03 April 2020

CARA CEK KEBERANGKATAN HAJI ON LINE

CARA CEK  KEBERANGKATAN HAJI ON LINE

Informasi kepastian tahun keberangkatan tersebut sangatlah dinanti yang mana hal itu akan menentukan pada proses persiapan selanjutnya. Sebagai informasi awal saya mencoba berbagi tips dengan anda tentang hal ini. dimana ada beberapa langkah untuk bisa mendapatkan informasi tersebut, yang bisa anda lakukan dengan cepat dan mudah, yakni mencari informasi keberangkatan Haji via online. Berikut langkah-langkah tersebut :

1. Siapkan Bukti Pembayaran setoran awal BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) dimana dalam surat tersebut tercantum Nomor Porsi anda. Nomer porsi adalah bukti legal anda sebagai jamaah haji yang telah terdaftar di Depag. Maksudnya adalah bahwa anda adalah calon haji resmi yang diakui atau masuk dalam daftar tunggu haji depag. Hubungi travel atau tempat daftar haji anda, untuk membantu mendapatkan Nomor Porsi anda. Contoh Nomor Porsi bisa dilihat dalam gambar di bawah ini ;
Hasil gambar untuk cek porsi list haji kemenag

 2. Silahkan Kunjungi alamat situs Ditjen Haji dan Umroh Kemenag RI, anda bisa klik alamatnya DISINI. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ketik pada kolom Nomor Porsi sesuai dengan nomor yang tertera pada Setoran BPIH yang telah anda dapatkan. Selanjutnya Ketik Tanggal Lahir anda pada kolom Tanggal lahir dengan format dd-mm-yyyy. Contoh bila anda lahir pada tanggal 01 Januari 1976 maka anda ketik dalam kolom tersebut 01-01-1976


Hasil gambar untuk cek porsi list haji kemenag


3. Klik Tombol SUBMIT. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini ;

Hasil gambar untuk cek porsi list haji kemenag


 Tampilan akan memunculkan data lengkap anda dan tahun keberangkatan dalam format tahun Hijriyah, untuk mengkonversi ke tahun masehi silahkan anda melihat kalender dengan mengacu pada hitungan tahun sekarang. Misalnya untuk contoh keberangkatan haji 1435 H maka dalam kalender Masehi adalah tahun 2014. Sebagai catatan : Pastikan anda mendapatkan Nomor Porsi karena dengan adanya Nomor Porsi menandakan anda termasuk Jamaah Haji Kuota (Yang bukan kuota tidak mendapat nomor porsi).

4. Alternatif lain Silahkan hubungi Call Center Haji di No. 021-500 425,

Hasil gambar untuk cek porsi list haji kemenag
disana anda bisa cek tahun keberangkatan bedasarkan nomor porsi yang didapat. Berdasarkan informasi Pemberitahuan kuota haji plus untuk tahun 2013 sudah habis bedasarkan pemberitahuan Depag RI saat ini antrian memasuki tahun 2016 . Sedangkan waiting list haji regular sudah mencapai 2022. Kuota haji regular per tahun adalah 194.000 orang.
Daftar penyelenggaran haji dan umrah terdaftar dikemenag disini


 Sumber Gambar : http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/569